Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[KULIAH] Draft Penelitian Riset Bidang Teknologi Pendidikan Tentang Mobile Learning

Draft Penelitian Riset Bidang Teknologi Pendidikan Tentang Mobile Learning
Draft Penelitian Riset Bidang Teknologi Pendidikan
Problem yang terjadi di masyarakat
Kesulitan peserta didik pada jenjang SD untuk memahami materi yang di sampaikan jika hanya di sampaikan dengan lisan oleh pengampu. Contohnya hubungan antar makhluk hidup dalam materi simbiosis.
Tujuan Riset
Mengembangkan sarana/media pembelajaran berbasis teknologi yang nantinya dapat memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang di sampaikan oleh pengampu tentang materi simbiosis tersebut.
Pendekatan riset
Menggunakan metode penelitian kualitatif. metode penelitian kualitatif yaitu prosedur meneliti yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.
Jenis penelitian/riset
Menggunakan jenis metode media (di penelitian ini menggunakan media pembelajaran interaktif).
Cara mencari data
Dengan cara observasi dan wawancara kepada peserta didik.
Cara analisis data
Teknik Analisis Data Penelitian Kualitatif. Caranya adalah setelah rangkaian data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data dengan prosedur dan teknis pengolahan berikut : melakukan pemilahan dan penyusunan klasifikasi data, menyunting & memberi kode pada data untuk membangun kinerja analisis data, melakukan konfirmasi data yang memerlukan verifikasi data dan pendalaman data, melakukan analisis data sesuai dengan konstruksi pembahasan hasil penelitian.
Kontribusi ilmu dari riset/penelitian ini
Dalam praktik pelaksanaanya akan bisa mempermudah anak memahami materi tentang simbiosis, karena tidak hanya di sampaikan dalam bentuk lisan dan teks tulisan, melainkan juga terdapat gambar dan animasi untuk membantu peserta didik dalam memahami materi simbiosis saat proses pembelajaran.

Nah itulah penampakan tugas yang pure / murni aku buat sendiri..Tugas ini adalah salah satu tugas dari mata kuliah filsafat ilmu, dan tugas ini aku dan temen seperjuanganku dapet setelah bapak dosen favorit menjelaskan materi tentang serba-serbi penelitian di bidang ilmu pendidikan dan khususnya di jurusanku, teknologi pendidikan. Kenapa mengambil materi tentang proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif? karena.. menurut saya pribadi, di jaman yang serba modern ini, semua serba praktis dan menyenangkan, begitu juga teknologi. Maka.. agar bidang pendidikan sebanding dengan kemajuan teknologi masa kini, di perlukanlah inovasi-inovasi baru yang dapat membantu dalam proses pembelajaran. Maka dari itulah, banyak muncul inovasi-inovasi baru yang bisa membantu terhadap pendidikan di Indonesia, diantaranya adalah : Video pembelajaran, Media pembelajaran interaktif, Mobile learning, dan masih banyak lagi.

Demikian lah postinganku kali ini, semoga bermanfaat ya.. lihat juga nih, tugas mata kuliah filsafat ilmu juga, tugas tentang Analisis bidang keilmuan yang diterapkan pada proses pembuatan produk teknologi pendidikan jangan bosen main kesini. Makasih ya..

Semoga bermanfaat :)

Post a Comment for "[KULIAH] Draft Penelitian Riset Bidang Teknologi Pendidikan Tentang Mobile Learning"