Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[TIPS] 3 Cara Menikmati Hidup Agar Kita Bisa lebih bersyukur


Dalam hidup, pasti kita hampir selalu beranggapan bahwa hidup orang lebih baik. tapi pada hakikatnya kita hanya melihat mereka dari tampak luarnya (interface) nya saja, dan tanpa kita tahu perjuangan dan masalah yang ada dalam hidup mereka. Tanpa kita sadari, kita selalu ingin lebih dan lebih dari yang kita miliki saat ini, tanpa kita melihat kemampuan dan keadaan di diri kita sekarang. Karena itu juga yang sering kali kali jadi kurang bersyukur dengan yang di anugerahkan tuhan ke kita. Kita lebih sering melihat ke orang yang berada di tingkat atas kita atau sering menoleh keatas dan tanpa menghiraukan dan melihat masih banyak orang-orang yang tingkatnya di bawah kita.
Tetapi jika kita mendoktrin pemikiran kita yang serba kurang dan selalu melihat orang yang tingkatannya di atas kita, percaya ke aku deh.. kalian gak akan bisa merasakan betapa indahnya kehidupan yang di anugerahkan oleh tuhan untuk kita semua. Selain itu, kita juga sering lupa untuk senantiasa bersyukur dengan apa yang telah kita miliki. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini aku ingin nge-share tentang Cara Menikmati Hidup Agar Kita Bisa lebih bersyukur. Tips ini tidak hanya dari pengalaman sehari-hari ku sih, tapi juga dari banyak referensi buku-buku yang aku baca. Berikut ulasannya :

#1. Ketahui siapa diri kita yang sebenarnya
Cara pertama ini adalah hal yang harus kita lakukan pertama kali, yup.. kita harus mengetahui siapa diri kita, kemampuan kita, dan passion dari diri kita. Kenapa ini termasuk cara yang paling awal? Karena kebanyakan dari diri kita masih belum mengetahui siapa diri kita yang sebenarnya, kita selalu dan selalu iri pada kemampuan orang lain tanpa pernah berfikir kalau kita juga bisa untuk melakukan itu.

#2.  Renungi apa saja yang sudah kita miliki
Ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi sih, ceritanya seperti ini dulu waktu aku masih tinggal dan stay di rumah dan otomatis sering bertemu keluarga (bapak, ibu dan adek) aku masih belum merasakan ada yang spesial, tetapi setelah sekarang ini aku kuliah yang jaraknya lumayan jauh dari rumah, otomatis aku harus kos dan tinggal jauh dari rumah dan juga keluarga tentunya. Belajar dari pengalaman itulah sekarang ini aku bener-bener menikmati dan merasakan betapa indahnya hidup.
Terkadang kehilangan itu perlu, perlu untuk membuat kita sadar akan keindahan yang belum terungkap
Demikian juga kalian temen-temen, coba deh renungi sejenak apa saja yang sudah kalian miliki, baik itu teman baik, sahabat, maupun keluarga yang senantiasa ada untuk kalian, saat kalian sedang senang maupun sedih, mereka yang membantu kalian bangkit saat kalian terpuruk, dan memberi ucapan selamat pada kalian saat kalian sukses kelak.. coba deh renungin temen-temen J

#3. Seringlah berkaca pada orang yang tingkatannya berada jauh di bawah kita
Contoh yang sering kita alami : saat kita hendak pergi ke pusat perbelanjaan di pusat kota, kita sangat antusias untuk pergi kesana. Dan saat kita di pusat perbelanjaan tersebut, kita merasa uang kita masih kurang dan kurang, kita juga selalu memperhatikan orang-orang lain dengan pakaian branded terkenal dan juga barang-barang mahal yang tidak mungkin kita beli. Dari situlah kita mulai berasa tuhan tidak adil, kemudian mood kita hilang dan yang paling pasti kita rasakan adalah sifat minder. Dan kita memutuskan untuk pulang ke rumah lagi dengan perasaan yang kurang mengenakkan.
Tanpa kita sadari, sebenarnya saat dalam perjalanan ke pusat perbelanjaan tersebut kita sudah di ingatkan untuk senantiasa bersyukur, mulai dari ibu-ibu dan adik-adik yang jual koran saat lampu merah, pemulung seang berusaha untuk memungut sampah untuk menyambung hidup dan masih banyak lagi deh. Tetapi kita sering lupa diri dan tidak peka dengan apa yang ada di sekitar kita.
Kebahagiaan tidak melulu dari harta kok, kebahagiaan yang hakiki adalah saat kita menjadia salah satu alasan untuk orang lain bahagia.
Sudah dulu ya, mungkin next time aku bakal share tentang pengalaman-pengalaman dan pelajaran-pelajaran yang telah aku peroleh selama ini. Makasih sudah berkunjung kesini dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "[TIPS] 3 Cara Menikmati Hidup Agar Kita Bisa lebih bersyukur"